Resep Gulai Telur Puyuh Padang Enak Dan Lezat

Telur Puyuh Balado Pedas dan Lezat Resep ResepKoki
Telur Puyuh Balado Pedas dan Lezat Resep ResepKoki from resepkoki.id

Gulai telur puyuh adalah salah satu jenis masakan berbahan dasar telur puyuh yang menggunakan bumbu khas Padang. Rasanya yang pedas dan gurih membuat masakan ini disukai banyak orang. Tidak heran jika masakan ini sangat populer di Indonesia. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, banyak restoran yang menyajikan gulai telur puyuh. Namun, jika Anda ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, Anda bisa mencoba resep gulai telur puyuh Padang berikut ini.

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan

Untuk membuat gulai telur puyuh Padang, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan dasar seperti berikut:

  • 6 butir telur puyuh
  • 2 buah tomat
  • 2 buah cabai merah
  • 1 buah bawang merah
  • 1 buah bawang putih
  • 2 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan bumbu halus sebagai pelengkap masakan ini. Bumbu halus tersebut terdiri dari:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah kemiri
  • 1/4 sendok teh ketumbar
  • 1/4 sendok teh jintan
  • 2 sendok makan kunyit bubuk

Cara Membuat Gulai Telur Puyuh Padang

Berikut ini adalah cara membuat gulai telur puyuh Padang yang lezat dan nikmat:

Langkah Pertama: Menyiapkan Bumbu Halus

Langkah pertama dalam membuat gulai telur puyuh Padang adalah menyiapkan bumbu halus. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menumbuk atau menghaluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, jintan, dan kunyit bubuk menggunakan mortar dan pestle atau dengan menggunakan blender. Setelah bumbu halus selesai dibuat, sisihkan dan siapkan untuk proses selanjutnya.

Langkah Kedua: Menumis Bumbu Halus

Setelah bumbu halus siap, lanjutkan dengan menumis bumbu halus tersebut di dalam wajan. Gunakan api sedang dan kadang-kadang aduk bumbu halus sampai harum dan berwarna kecoklatan. Setelah itu, tambahkan bawang merah dan bawang putih yang telah dipotong-potong ke dalam wajan. Aduk hingga bumbu-bumbu tersebut menyatu dengan rasa yang sempurna.

Langkah Ketiga: Menambahkan Telur Puyuh

Setelah bumbu-bumbu telah menyatu, tambahkan telur puyuh yang telah dicuci bersih ke dalam wajan. Aduk perlahan hingga semua telur puyuh tercampur dengan bumbu-bumbu yang sudah ditumis sebelumnya. Jangan lupa untuk menambahkan garam dan gula sesuai selera. Setelah itu, masukkan tomat, cabai merah, serai, dan daun salam ke dalam wajan. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan merata.

Langkah Keempat: Memasak Gulai Telur Puyuh

Setelah bahan-bahan tercampur dengan rata, masukkan air sebanyak 2 gelas ke dalam wajan. Biarkan air tersebut mendidih sebelum menurunkan api. Kemudian koreksi rasa gulai telur puyuh dengan menambahkan garam dan gula sesuai selera. Selanjutnya, masak gulai telur puyuh hingga matang dan kuahnya mengental. Jika sudah dirasa cukup matang, angkat dan gulai telur puyuh Padang siap untuk disajikan.

Resep Gulai Telur Puyuh Padang Siap Dihidangkan

Gulai telur puyuh Padang yang enak dan lezat siap untuk disajikan. Anda bisa menyajikan gulai telur puyuh dengan nasi putih hangat atau bisa juga disajikan dengan lontong. Gulai telur puyuh juga cocok disajikan bersama sayur-sayuran seperti sawi, kangkung, atau bayam. Selain itu, gulai telur puyuh juga bisa disajikan bersama kerupuk atau rempeyek untuk memberi rasa yang lebih gurih. Jadi, jangan lupa untuk menyajikan gulai telur puyuh dengan lauk-pauk lainnya agar tampilan makanan lebih menarik.

Kesimpulan

Itulah resep gulai telur puyuh Padang yang lezat dan gurih. Dengan memasak sendiri di rumah, Anda bisa menikmati masakan yang lezat dan berkualitas tanpa repot. Selain itu, Anda juga bisa menghemat uang karena membuat gulai telur puyuh di rumah lebih murah dibandingkan membelinya di restoran. Jadi, cobalah untuk membuat gulai telur puyuh di rumah dan nikmati masakan khas Padang yang lezat dan nikmat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyembuhkan Diare Encer Dengan Mudah

Review Of Cara Menurun Kan Tingkat Adrenaline Ideas

List Of Contoh Lukisan Gampang 2023